Rumahku Istanaku
Rumahku Kediamanku

Kamis, 15 Oktober 2009

Honda Freed, Mobil Keluarga Generasi Baru Hadir di Indonesia






Jakarta, 29 Juni 2009 - PT Honda Prospect Motor kembali meramaikan pasar otomotif di Indonesia dengan meluncurkan mobil keluarga terbaru, yaitu Honda FREED. Dengan memakai tagline “IT’S A NEW LIFE, LET’S FREED”, Honda Freed diproyeksikan menjadi pilihan utama bagi keluarga-keluarga generasi baru di Indonesia.

Dalam sambutannya, Yukihiro Aoshima, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Setelah menjadi menjadi MPV terlaris dan meraih berbagai penghargaan di Jepang, Honda Freed kini hadir untuk konsumen di Indonesia. Honda Freed merupakan sebuah produk Internasional yang dikembangkan dengan standar kualitas Honda berdasarkan kebutuhan konsumen di Indonesia. Kami juga bangga bahwa Indonesia telah diberi kepercayaan untuk menjadi basis produksi untuk model ini di kawasan Asia Tenggara,” ungkapnya.

Honda Freed pertama kali diperkenalkan di Jepang pada bulan Mei 2008. Sejak dlluncurkan, model ini langsung menorehkan prestasi di Jepang, antara lain dengan meraih gelar “Best Value” pada ajang Japan Car of the Year 2008-2009.

Selain itu Honda Freed juga mencatat angka penjualan Minivan tertinggi di Jepang untuk tahun 2008, dengan total penjualan76.395 unit dari bulan Mei 2008 sampai Mei 2009. Indonesia menjadi negara pertama di dunia – di luar Jepang – yang meluncurkan model ini ke pasaran.

Honda Freed merupakan sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memadukan fungsionalitas dari sebuah kendaraan berkapasitas 7 penumpang, dengan desain stylish dan teknologi terdepan yang menjadi ciri produk Honda.

Dilihat dari eksteriornya, Honda Freed sudah tampil berbeda dari semua model MPV di Indonesia. Hadir dengan konsep triangle square, dimana bentuk depan yang segitiga dipadu dengan bagian kabin berbentuk kotak menghasilkan desain yang dinamis dan kelapangan kabin. Eksterior Honda Freed disempurnakan dengan balutan curving art surface yang memberikan lekukan-lekukan bergaya mewah pada bodi Honda Freed.

Akses keluar masuk kabin Honda Freed dibuat lebih mudah dengan hadirnya power sliding door dengan bukaan yang lebih lebar dan lantai kabin yang lebih rendah. Fitur power sliding door juga merupakan fitur mewah yang pertama kalinya terdapat dalam sebuah model MPV di Indonesia.

Di dalam kabin, keunikan Honda Freed semakin jelas dengan hadirnya King & Queen Seat di baris kedua. Komposisi bangku tersebut dirancang untuk memudahkan komunikasi dan perpindahan penumpang di seluruh baris dalam kabin, atau yang disebut sebagai walk through cabin.

Tak hanya unik, kabin Honda Freed juga dirancang untuk menghasilkan kenyamanan, utilitas tinggi, serta tingkat kelapangan tertinggi di kelasnya. Untuk itu, konsep yang disebut Honda sebagai open cafe diterapkan antaralain dengan menciptakan desain dashboard bertingkat (double layered) yang tak hanya memberi kesan luas, tapi juga praktis untuk berbagai macam keperluan. Bangku baris ketiga yang bisa dilipat ke atas dengan sistem lift up memberikan kapasitas kargo 672 liter (VDA), yang mampu menampung hingga 4 tas golf berukuran besar. Kenyamanan di dalam kabin Honda Freed pun dilengkapi dengan audio system yang dilengkapi dengan USB port dan Ipod Connector, yang merupakan pertama di kelasnya.

Fitur keselamatan tingkat tinggi yang menjadi ciri produk Honda, seperti G-CON+ACE, Dual SRS Airbags, pretensioner seat belt, dan pedestrian protection body, juga dihadirkan pada Honda Freed. Dengan semua fitur tersebut, Honda Freed meraih peringkat tertinggi 6 bintang dari Japan New Car Assessment Program (JNCAP)*.

Honda Freed didukung oleh mesin i-VTEC 1.5 liter yang menghasilkan keseimbangan ideal antara efisiensi bahan bakar dan tenaga yang besar. Mesin i-VTEC yang digunakan Honda Freed mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 PS dengan torsi maksimal 146 Nm / 4800 rpm. Transmisi otomatis 5 percepatan (5 AT) untuk pertama kalinya digunakan pada sebuah mobil MPV untuk mencapai performa berkendara yang optimal.

Selain bertenaga dan efisien dalam konsumsi bahan bakar, Honda Freed juga mencapai tingkat emisi gas buang yang telah memenuhi standar Euro-4, yang merupakan terbaik di kelas mobil MPV di Indonesia. Selain itu, Honda FREED juga ramah lingkungan karena diproduksi dengan menggunakan komponen yang dapat didaur ulang dan mengurangi elemen berbahaya yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor menyatakan keyakinan bahwa Freed akan diterima baik oleh konsumen di Indonesia. “Honda Freed tidak sekedar menawarkan kapasitas 7 penumpang, tetapi lebih dari itu. Mobil ini juga sangat stylish, berteknologi tinggi, efisien, memiliki standar keamanan terbaik di kelasnya, serta ramah lingkungan. Kami yakin kehadiran Honda Freed, dengan desain dan fitur yang mendobrak konvensionalisme di segmen MPV, dapat menjadi pilihan serta memulai trend baru di pasar otomotif nasional.”

Produksi Honda Freed akan dilakukan di fasilitas pabrik PT HPM yang terletak di kawasan industri Karawang, Jawa Barat. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri, pabrik seluas 52 hektar tersebut juga akan menjadi basis produksi Honda Freed untuk kawasan Asia Tenggara yang memproduksi unit untuk diekspor ke beberapa negara di Asia.

Harga (on the road Jakarta):
- Rp 237,000,000,- (Honda Freed)
- Rp 257,000,000,- (Honda Freed with Power Sliding Door & Dual SARS Airbags)

0 comments: