Rumahku Istanaku
Rumahku Kediamanku

Sabtu, 03 Oktober 2009

Bijak Memilih Air Conditioner






Temperatur udara kota Jakarta yang saat ini sudah mencapai 32 derajat celcius pada siang hari membuat sebagian warga mau tak mau menambah daftar kebutuhan primer-nya, yaitu Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara. Namun, sayangnya masih banyak orang yang salah memilih produk yang sesuai. Diantaranya memilih kapasitas AC yang tidak pas dengan ukuran ruangan. Walhasil bukannya kesejukan yang didapat, melainkan udaran ruangan yang tetap panas atau bahkan membengkaknya tagihan listrik.

Apabila saat ini Anda berencana membeli sebuah perangkat AC untuk di rumah, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu:
- hitung luas ruangan yang akan dipasangi perangkat AC
Sebelum membeli AC, sebaiknya Anda mengukur dulu luas ruangan untuk mengetahui kapasitas AC yang dibutuhkan. Berikut adalah rumus perhitungan yang bisa Anda terapkan:
P x L x (T/3) x 0,07 = __ PK
P = panjang ruangan
L = lebar ruangan
T = tinggi ruangan

Contoh: jika panjang ruangan 10 meter, lebar ruangan 5 meter dan tinggi ruangan 2 meter maka kapasitas AC yang mumpuni untuk ruangan tersebut adalah 2,3 PK.

- pilih AC yang mempunyai converter
Converter pada AC berfungsi untuk mengatur beban listrik. Jadi, pada saat suhu dalam ruangan cukup sejuk, secara otomatis AC akan mengurangi beban pendinginan tetapi masih dalam posisi menyala (ON). Seperti kita ketahui daya listrik AC terbesar adalah pada saat Start.

- perhatian bagian kipasnya
Semakin lebar kipas, semakin kencang angin yang berhembus. Selain itu, AC yang memiliki kipas yang lebar tidak akan menimbulkan suara berisik. Evaporator yang lebar pada AC juga menandakan kipas pada blower eksternal lebih besar. Ini diperlukan untuk keseimbangan kinerja mesin. Dan akan lebih baik lagi bila kipas tersebut bergerigi karena dapat membuat turbulansi menjadi tidak berisik.

- pertimbangkan fitur-fitur tambahan yang berguna bagi kesehatan
Saat ini sudah ada AC dengan fitur yang mampu membasmi kuman. Bahkan ada juga yang mampu menyaring partikel debu yang sangat halus termasuk bakteri. Jadi AC tidak lagi hanya menyejukkan ruangan, tapi juga bisa menyehatkan.

- sesuaikan dengan nuansa interior rumah
Jika Anda seorang yang peduli terhadap interior rumah, maka pilih AC yang mendukung nuansa interior rumah Anda.

Nah, apabila Anda masih bingung memilih AC mana yang tepat, cobalah untuk memilih AC Samsung AS12VBLN. AC keluaran terbaru dari produsen elektornik asal negeri ginseng ini tidak hanya mengandalkan kecanggihan teknologinya saja, akan tetapi juga desain produknya. Balutan warna hitam menawan produk ini akan sangat pas jika disatukan dengan nuansa interior rumah Anda.

Selain nilai estetika, kinerja dari AC Samsung ini juga sangat baik. Terbukti dengan kekayaan fitur yang dimilikinya, antara lain:
- Faster Cooling & Heating
Fitur ini membuat kinerja AC Samsung dalam mengatur dingin dan panas lebih cepat. Yaitu 27 menit dan 21 detik untuk mendinginkan serta 17 menit dan 41 detik untuk memanaskan.
- Energy Saving
Setelah suhu yang diinginkan diperoleh, secara otomatis Smart-Inverter akan bekerja pada fungsi ekonomis. Pada fungsi ini, AC Samsung ini mampu menghemat energi hingga 49.1%.
- Silent Operation
Pada saat bekerja AS12VBLN sangat tenang dan tingkat kebisingannya hanya 21dB.
- MPI zone
Fitur yang satu ini merupakan salah satu keunggulan dari AS12VBLN, karena MPI zone mampu menyingkirkan virus (influenza, SARS), kuman, bakteri, alergi, Active Oxygen Scavenging
- Good`sleep Mode
Fitur yang satu ini berfungsi membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik, dan menyeimbangkan jumlah dari setiap tingkatan tidur.
- Automatic Changeover
Fitur ini berfungsi untuk mengatur temperatur ruangan secara otomatis.

0 comments: