Rumahku Istanaku
Rumahku Kediamanku

Jumat, 25 September 2009

Fungsi Dinding




Dilihat dari macamnya, dinding dapat digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Dinding Interior. Dinding Interior adalah dinding yang dipakai di dalam ruangan. Ada pemilik rumah yang menginginkan rumahnya memiliki dinding permanen atau dinding massive, ada juga pemilik yang menggunakan dinding bangunan yang mudah seperti menggunakan partisi. Dinding partisi ini merupakan sekat pembatas yang dapat diangkat atau dipindahkan.

2. Dinding Exterior. Adalah dinding yang letaknya di luar ruangan. Karena terletak di luar ruangan maka dinding exterior harus kuat, indah, dan tahan cuaca, terutama disesuaikan dengan cuaca daerah sekitar. Disebut harus kuat karena dinding exterior tersebut mengalami kontak langsung dengan kondisi lingkungan seperti perubahan cuaca. Di daerah yang sering terjadi gempa, sering hujan, dan tingkat cuaca panasnya tinggi, pemilihan jenis materialnya untuk dinding sangat berpengaruh terhadap kekuatan dinding tersebut. Sementara itu, disebut indah karena penampakan dari luar akan menjadi nilai tambah pada sebuah rumah atau bangunan bila penampilannya indah.



3. Dinding Fungsi Khusus. Bila dinding mempunyai fungsi khusus, tentu jenisnya disesuaikan dengan fungsi yang harus diembannya. Misalnya dinding kedap suara, tentu dinding tersebut harus terbuat dari bahan akustik yang disesuaikan dengan tingkat ambang kebisingan yang dapat ditoleran.

Dilihat berdasarkan nilai kenyamanan, nilai kesehatan, dan nilai keamanan, maka fungsi dari dinding antara lain:

1. Sebagai pemisah antar ruangan

2. Sebagai pemisah ruang yang bersifat probadi, dan bersifat umum

3. Sebagai penahan cahaya, angin, hujan, banjir, dan lain-lain yang bersumber dari alam.

4. Sebagai pembatas dan penahan struktur (untuk fungsi tertentu seperti dinding lift, resovoar, dan lain-lain)

5. Sebagai penahan kebisingan untuk ruang yang memerlukan ambang kekedapan suara tertentu seperti studio rekaman atau studio siaran.

6. Sebagai penahan radiasi sinar atau zat-zat tertentu seperti pada ruang radiologi, ruang operasi, laboratorium, dan lain-lain.

7. Sebagai fungsi artistik tertentu dan penyimpan surat-surat berharga seperti brankas di bank dan lain-lain.

0 comments: