Rumahku Istanaku
Rumahku Kediamanku

Rabu, 21 Oktober 2009

Pinjaman tanpa agunan terbaik: Citibank vs HSBC vs ABN Amro


Ceritanya, seorang teman sedang membutuhkan dana cepat untuk keperluan pribadinya. Besar dana yang dibutuhkan adalah 40 juta. Si teman mengeluh karena rata-rata pinjaman / kredit tanpa agunan (KTA) yang ada sekarang bunganya berkisar 20% pertahun. Besar sekali ya? tapi apakah benar demikian? mari kita bantu si teman dengan sedikit analisa dibawah.




Tabel diatas menunjukkan perbandingan antara 4 bank terpopuler penyedia KTA yang ada saat ini, yaitu Citibank, HSBC, StandardChartered dan ABN Amro. Kandidat lain seperti Bank Danamon tidak diikutkan dalam perbandingan ini karena kurangnya informasi mengenai produk terkait.

1. Besar bunga dan pinjaman
Berdasarkan jumlah bunga dan besarnya pinjaman, untuk >20 juta maka KTA terbaik adalah KTA dari HSBC sedangkan untuk dibawah 20 juta, dalam ilustrasi diatas pinjaman 10 juta maka pilihan terbaik adalah KTA dari Citibank.

2. Pinalti dan Denda Keterlambatan
Sebenarnya ada lagi komponen mengenai Pinalti bila kita membayar lebih cepat. ABN Amro misalnya memberi charge 5% dari sisa pinjaman, sedangkan keterlambatan didenda 5% dari cicilan perbulan. Hufff besar sekali ya.

3. Persyaratan
Dari pengamatan saya proses persyaratan untuk KTA ini relatif mudah, cukup KTP dan Kartu Kredit yang dimiliki sekarang. Dan untuk proses pendaftaran saya lihat juga relatif mudah, layanan hotline by phone atau online diwebsite provider KTA ini dirasa cukup representatif.

Alternatif pinjaman selain KTA
Bunga KTA sebesar 20% memang dirasa cukup tinggi, namun tentunya sebanding dengan kemudahan yang kita dapatkan. Tapi mungkin ada alternatif pembiayaan yang lebih menarik? kalau dibawah 10 juta mungkin bisa pinjem temen ya. Atau via BPR?

Ada usul, pendapat dan pengalaman seputar Kredit Tanpa Agunan ini?

0 comments: