Rumahku Istanaku
Rumahku Kediamanku

Senin, 28 September 2009

Cat yang Baik Untuk Rumah




Cat menjadi salah satu faktor penunjang keindahan rumah. Selain berfungsi sebagai penunjang estetika, cat pun mempunyai peran sebagai perlindungan lapisan bawah dinding. Oleh karena itu, pemilihan cat yang tepat sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Cat terdiri dari beberapa jenis. Bisa dibedakan dari substrate, fungsi juga pengikat, dan jenis pelarutnya. Penggunaan cat untuk masing-masing ruangan harus dibedakan, khususnya interior dan eksterior rumah.

Cat untuk interior rumah lebih ditekankan untuk keperluan estetika. Cat interior memiliki kehalusan penampilan lapisan cat dan warnanya. Cat ini juga mudah dibersihkan agar memudahkan perawatan dan tidak mudah berjamur jika diaplikasikan di area yang cukup lembab.

Untuk anda yang mempunyai buah hati yang sedang aktif belajar menulis sehingga terkadang mencoret-coret dinding, penggunaan cat dinding yang mudah dibersihkan akan sangat berguna. Cat dinding untuk interior rumah pun berguna untuk menyamarkan retak rambut pada dinding.


Cat eksterior, lebih ditekankan pada fungsinya melindungi dinding tembok dari cuaca. Terpaan sinar matahari, hujan dan perubahan temperatur akibat perubahan cuaca membuat dinding luar cepat mengalami kerusakan. Itu perlunya cat yang tahan terhadap cuaca agar tidak mudah rusak.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat memilih cat adalah kandungan zat berbahaya di dalamnya. Pemilihan cat sebaiknya yang mengandung100% acrylic dan yang paling ramah lingkungan (environmentally friendly). Produk cat yang baik adalah seharusnya bebas timbal (lead) dan merkuri, serta memiliki kadar senyawa organik yang mudah menguap yang rendah (low VOC/Volatile Organic Compound) dan diberi label hijau.

Cat yang baik juga mudah diaplikasikan dan dibersihkan, bahkan idealnya tidak sampai meninggalkan bau cat selama dan sesudah pengecatan. Selain itu, harus yang aman bagi kesehatan.

Pemilihan warna yang tepat juga sangat penting. Tidak ada rumus umum tentang pilihan warna cat rumah. Pilihan warna cat adalah sebuah seni. Warna cat rumah atau ruang terutama mencerminkan kepribadian dan gaya hidup penghuninya.

Untuk interior rumah, pemeilihan warna cenderung lebih bebas dibanding eksterior. Sebaiknya tidak memilih warna merah untuk eksterior rumah karena memiliki tingkat ketahanan terhadap sinar yang rendah.

0 comments: